PENGERTIAN T B C

Muhammadiyah adalah pelopor gerakan tajdid (pembaharu) yang tidak menghendaki adanya Tahayul, Bid’ah, Khurofat, Syirik dan Taqlid buta dalam aqidah dan ibadah umat Islam.
Pembaharuan yang dilakukan Muhammadiyah adalah menyatukan ajaran “Ar ruju’ ila al Qur’an wa Al Sunnah” (kembali kepada Qur’an dan Sunah) dengan semangat “Ijtihad dan Tajdid.

Pengertian Tahayul adalah :
Kata tahayul berasal dari bahasa Arab yang artinya: berangan-angan tinggi, melamun, membayangkan atau menghayal (Kamus Munawwir).  Mengkait-kaitkan kejadian-kejadian yang dianggap aneh dengan sesuatu, yang mana tidak ada dasarnya di dalam ajaran Islam. Sebagai contoh tahayul adalah : mempercayai akan mendapatkan rejeki ketika orang tertimpa kotoran cicak. Atau suara burung yang dianggap aka nada tamu yang dating, dan lain sebagainya.

Pengertian Churofat adalah :
Hampir sama dengan tahayul, tetapi lebih dikaitkan dengan aqidah. Menganggap sesuatu memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi manusia. Khurofat lebih dekat kepada syirik, sehingga sangat berbahaya dalam aqidah seseorang.

Pengertian Bid’ah adalah :
Bid’ah pada dasarnya berarti sesuatu yang baru. Bid’ah merupakan amalan baru dalam ibadah yang belum pernah ada di masa Rasulullah SAW. Bid’ah dalam ibadah sebuah kesesatan dan sesat akan masuk neraka.
“Barangsiapa yang mengada-adakan hal baru dalam urusan kami ini (agama) padahal bukan dari bagiannya maka ia tertolak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pengertian Syirik adalah :
Syirik berarti menduakan Allah. Membuat tandingan-tandingan selain Allah. Syirik merupakan dosa besar yang tidak diampuni Allah. Sebagai contoh syirik adalah meminta keselamatan kepada dukun atau paranormal, padahal sumber keselamatan hanya dari Allah SWT.

Pengertian Taqlid adalah :
Taqlid berarti mengikuti seseorang. Mengikuti pendapat seseorang. Yang tidak boleh adalah mengikuti seseorang tanpa mengetahui dasarnya.

Sumber : Musta'in Arif ,S.Si

5 komentar:

  1. pengertiannya hampir sama yaa....,

    BalasHapus
  2. Yg jd perdebTan biasanya yg bidah. Kl saya emang nganggep 'dilebih2kan dan mengada2 dlm ibadah' itu emang nggak seharusnya dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar jadi jangan mengada ngada,sementara yang demikian itu tidak ada atau tidak dicontohkan oleh Rasul.itu artinya perbuatan Bid'ah

      Hapus

Anda bebas berkomentar sesuka hati anda di blog sederhana ini,asalkan:

1.Tulisanya bisa dibaca
2.Tidak meninggalkan link hidup
3.Tidak ada unsur promosi
4.Tidak menggunakan kata-kata jorok
5.Tidak spam,

Terimakasih atas kunjungan serta Komentarnya